Indonesia   |   Inggris

KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

SEKRETARIAT JENDERAL

Berita Foto

Indonesia Ajak Turki Bekerjasama dalam Penanganan FLW


Foto Artikel

BOGOR (25/06/2019) – Sebagai rangkaian kunjungan di Indonesia, Delegasi Turki juga mengunjungi kota Bogor dalam rangka program study visit Turki-COMCEC ke Indonesia untuk pertukaran informasi mengenai penanganan food loss and waste (FLW) di masing-masing negara, delegasi Turki bersama perwakilan dari Biro Kerjasama Luar Negeri (KLN) Kementerian Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Foodbank of Indonesia (FOI) terlebih dahulu berkesempatan mengunjungi Museum Pertanian milik Kementerian Pertanian yang berlokasi di kota Bogor. Hadir dalam penyambutan delegasi, Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA), Dr. Leli Nuryati, M.Sc bersama jajaran pengurus museum. Selama di museum, delegasi memperoleh penjelasan mengenai berbagai materi dan artefak yang disajikan di museum serta sejarah pertanian di Indonesia.

Di Bogor, delegasi dijadwalkan melakukan kunjungan ke Institut Pertanian Bogor dan dua peusahaan yang merintis usaha pemanfaatan waste sebagai komoditas baru yang bernilai ekonomi, yaitu PT SWEN (biogas reactor) dan PT Bio Cycle Indo (budidaya Black Soldier Fly). Di IPB, delegasi diterima oleh Direktur Program Internasional, Prof. Iskandar Zulkarnaen Siregar, Kepala Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (INTP) IPB, Dr. Sri Suharti, MS, serta dihadiri jajaran staf pengajar IPB dari beberapa fakultas. Dalam paparannya, delegasi Turki kembali menyampaikan misi dan kerangka study visit, serta berbagai implementasi dan strategi dalam penanganan isu FLW. Prof. Hami Alpas dari Middle East Technical University of Turkey (METU) juga kembali menekankan bagaimana isu FLW tersebut menjadi semakin besar seiring dengan peningkatan angka kelaparan, dan ketimpangan ekonomi yang terjadi di seluluruh negara. Adapun Prof. Yusman Syaukat (Guru Besar IPB bidang ekonomi sumberdaya) yang menyampaikan sejumlah alternatif penanganan FLW dalam beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh IPB. Selanjutnya Dr. Sri Suharti memaparkan beberapa contoh pemanfaatan waste untuk kepentingan peningkatan nutrisi ternak, salah satunya melalui budidaya Black Soldier Fly (BSF). Dalam sesi diskusi, terbuka wacana untuk kerja sama yang lebih serius antar universitas, antara IPB dan METU, terutama dalam membuka kesempatan lebih luas terhadap FLW handling yang dapat diterapkan di seluruh dunia.
Sementara itu, dalam kunjungan ke PT. SWEN dan PT. Bio Cycle Indo, delegasi berkesempatan melihat secara langsung proses pemanfaatan limbah organik sebagai bahan baku komoditas komersial. Di PT. SWEN, delegasi diterima langsung oleh CEO perusahaan tersebut, Sri Wahyuni serta memperoleh penjelasan langsung mengenai kiprah perusahaan yang terkenal dengan reaktor biogasnya tersebut. Delegasi menutup kunjungan ke PT SWEN dengan melihat mini-garden PT SWEN yang ditata sebagai tempat budidaya hortikultura dan peternakan. Selanjutnya di PT. Bio Cycle Indo, delegasi mendapat kesempatan melihat beberapa bagian proses pemanfaatan limbah sawit (palm kernel mill) sebagai media maggot (larva) jenis lalat BSF sebagai pakan ternak yang telah diekspor ke beberapa negara. Total yang sudah diekspor sampai dengan tahun 2018, mencapai 5 kontainer di mana setiap kontainernya berisi 7 ton maggot. Di sesi akhir kunjungan ke Bogor, pihak Turki menyampaikan kesan dan apresiasi positif terhadap upaya-upaya yang telah dilakukan berbagai kalangan di Indonesia dalam mereduksi FLW. Mereka mengakui bahwa penanganan FLW di Indonesia ternyata lebih bervariasi meskipun belum ada kebijakan nasional yang integral mengenai hal ini. Berbeda dengan Indonesia, di Turki yang terjadi adalah sebaliknya, sehingga kolaborasi antarnegara seperti dalam konteks COMCEC diharapkan dapat mengakselerasi upaya-upaya pengurangan FLW di dunia.  [MZT]
 

Kantor Pusat Kementerian Pertanian

Gedung A
Jl. Harsono RM No.3 Ragunan - Pasar Minggu
Jakarta 12550
Telp : +62 21 780 4117
Mobile : +62821 1089 7194
humas@pertanian.go.id