Indonesia   |   Inggris

KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

SEKRETARIAT JENDERAL

RAPAT KERJA PPID TAHUN 2015 KEMENTERIAN PERTANIAN


RAPAT KERJA PPID TAHUN 2015 KEMENTERIAN PERTANIAN

Dalam rangka implementasi keterbukaan informasi publik menuju transparansi penyelenggaraan birokrasi pemerintahan melalui pengelolaan informasi publik, Kementerian Pertanian melalui Biro Hukum dan Informasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian akan menyelenggarakan Rapat Kerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) lingkup Kementerian Pertanian tahun 2015.

Acara yang bertema “Tata Kelola Informasi Publik dalam Mendukung Upaya Khusus Menuju Swasembada Pangan” ini akan dilaksanakan pada tanggal 27-28 Mei 2015 di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian, Bogor, Jawa Barat.  Acara direncanakan dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Ir. Hari Priyono, Msi selaku atasan langsung PPID Utama dan sekaligus akan menyampaikan Keynote Speech.

Narasumber yang akan hadir adalah Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Komisioner Komisi Informasi Pusat, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, PPID Kementerian Keuangan,  Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kepala Biro Hukum dan Informasi Publik selaku PPID Utama Kementerian Pertanian.

Sedangkan peserta undangan berjumlah sekitar 264 orang yang terdiri dari Sekretaris Ditjen, Sekretaris Badan, dan Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian; Kepala Biro dan Kepala Pusat lingkup Sekretariat Jenderal; Kepala Unit Kerja dan Kepala Unit Pelaksana Teknis lingkup Kementerian Pertanian; PPID Utama Kementerian Pertanian; PPID Kementerian Kominfo selaku Pembina PPID K/L; PPID Pelaksana Eselon I; PPID Pelaksana UPT; dan PPID Pembantu Pelaksana .

Pelaksanaan raker ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi dan pembinaan pengelolaan layanan informasi publik sejalan dengan pelaksanaan Upaya Khusus Swasembada Pangan di Kementerian Pertanian kepada PPID, menyamakan persepsi tentang pengelolaan layanan informasi publik antar PPID lingkup Kementerian Pertanian, memberikan pemahaman penanganan keberatan dan sengketa informasi publik, serta keterbukaan informasi publik (transparansi) melalui media online, dan evaluasi pelaksanaan pengelolaan informasi publik di PPID Eselon I lingkup Kementerian Pertanian.

 

Adapun hasil yang diharapkan dari pelaksanaan raker ini adalah tercapainya persepsi yang sama terkait pengelolaan informasi publik di lingkungan Kementerian Pertanian, tercapainya pemahaman yang sama dalam menangani keberatan maupun sengketa informasi publik oleh PPID lingkup PPID, penerapan keterbukaan informasi publik melalui media online oleh satuan kerja lingkup Kementerian Pertanian serta kerjasama antar PPID melalui Forum Komunikasi PPID (FKPPID), dan tercapainya evaluasi pelaksanaan pengelolaan informasi publik di PPID Eselon I lingkup Kementerian Pertanian. Dan pada kesempatan ini pula akan dilaksanakan launching kegiatan Pemeringkatan KIP berbasis situs web, Portal Publikasi dan Multimedia oleh Pusat Data data Dan Sistem Informasi Pertanian serta Penyerahan Password SILAYAN Online kepada para peserta Raker.


Kantor Pusat Kementerian Pertanian

Gedung A
Jl. Harsono RM No.3 Ragunan - Pasar Minggu
Jakarta 12550
Telp : +62 21 780 4117
Mobile : +62821 1089 7194
humas@pertanian.go.id