Indonesia   |   Inggris

KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

SEKRETARIAT JENDERAL

Daging di Pasar Majestik Mahal, Mentan Perintahkan Operasi Pasar


Foto Artikel

 JAKARTA - Menteri Pertanian Amran Sulaiman melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar Majestik, Jakarta Selatan untuk mengecek harga daging menjelang Lebaran, Minggu (12/7). Dalam sidaknya tersebut, Mentan berdialog dengan para pedagang daging guna mendapat informasi harga daging dan karkas. 

 
Mentan menanyakan harga daging kepada Abdul Azis, pedagang daging sapi di pasar Majestik. Abdul Azis menyampaikan, harga daging di pasar Majestik saat ini cukup mahal dan tidak menentu perubahan harganya. Menurutnya, harga daging mengalami kenaikan dari hari ke hari menjelang Lebaran.
 
"Harga daging di pasar ini (Majestik) mahal pak, harga daging Rp 110 ribu sampai Rp 120 ribu per kilogram, sedangkan karkas Rp 87 ribu sampai Rp 90 ribu per kilogram. Harga ini cukup mahal pak, tolong kalau bisa harganya turun," pinta Abdul Azis.
 
Mentan mengaku kaget mengetahui langsung bahwa harga daging di pasar ini tinggi. Sebab, harga daging yang dijual oleh pemerintah melalui Badan Urusan Logistik (Bulog) sebesar Rp 88 ribu.
 
Untuk itu, dalam kesempatan itu pula, Mentan langsung berkoordinasi dengan pihak Perum Bulog, Kementerian Perdagangan dan PT Berdikari agar menggelar Operasi Pasar daging murah. 
 
Hasilnya, satu jam setelah itu, langsung datang truk operasi pasar dari Bulog untuk menggelar operasi pasar daging seharga Rp 88 ribu. Dengan cepat, truk yang bermuatan daging tersebut langsung diserbu pembeli.
 
Mentan menjelaskan, untuk menekan harga daging, pemerintah akan mengadakan operasi pasar setiap hari sampai Lebaran di 21 titik pasar. Saat ini, stok daging yang dimiliki pemerintah sebanyak 5 ribu ton.
 
"Selain itu, solusi permanen sudah kami siapkan yakni membuka toko tani murah yang isinya cabe, bawang, beras, daging di semua daerah yang rentan akan harga pangan," ungkap Mentan.
 

Kantor Pusat Kementerian Pertanian

Gedung A
Jl. Harsono RM No.3 Ragunan - Pasar Minggu
Jakarta 12550
Telp : +62 21 780 4117
Mobile : +62821 1089 7194
humas@pertanian.go.id