Indonesia   |   Inggris

KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

SEKRETARIAT JENDERAL

Peringatan Nuzul Qur’an 1436 Hijriyah, Sebagai Aktualisasi Diri


Foto Artikel

Dalam rangka menyambut Nuzulul Qur’an 1436 Hijriah yang pada tahun ini jatuh tanggal 3 Juli 2015, keluarga besar Kementerian Pertanian bersama masyarakat memeriahkannya pada 7 Juli 2015, bertempat di masjid Nurul Iman Kementerian Pertanian. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an Surat Al-Baqarah: 185 dan Surat Al-Isra: 9-10 yang dialunkan oleh Suriana dengan saritilawah oleh Sugiyanti.

Selanjutnya Kepala Bagian Kepegawaian Badan Litbang Pertanian mewakili Sekretaris Badan Litbang Pertanian selaku Ketua KORPRI Unit Badan Litbang Pertanian membacakan  laporan Panitia Penyelenggara Peringatan Nuzulul Qur’an. Turut hadir dalam acara ini, Ibu Hj. Martati Amran Sulaiman selaku Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pertanian; Ir. Hari Priyono, M.Si, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian selaku Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kementerian Pertanian; mantan Menteri Pertanian Dr.Ir.Sjarifuddin Baharsjah dan Ibu; Ketua Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pertanian, Hj. Sri Gatot Irianto; Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, Ir.Winarhadi, MM; sesepuh Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pertanian, Ibu Ahmad Affandi; Pimpinan Sinar Tani, Bapak Ir. Achmad Saubari,  serta pejabat  dan pegawai lingkup Kementerian Pertanian dan masyarakat sekitar.

Peringatan ini Nuzulul Quran ini diselenggarakan atas kerjasama Dewan Pengurus KORPRI Kementerian Pertanian dan Dharma Wanita Persatuan Unit Badan Litbang Pertanian. Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan panitia antara lain tabligh akbar, pengajian, ceramah bertemakan Nuzulul Qur’an, pemberian santunan kepada anak yatim/piatu dan kaum dhuafa serta aktifitas lain bernuansa religius, yang bertujuan untuk mengisi kerohanian pegawai selaku anggota KORPRI guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan selama bulan suci Ramadhan.

Selain itu diselenggarakan pula lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (6/7), dalam 2 (dua) kategori yaitu Tilawah dan Tartil, bagi PNS/CPNS lingkup Kementerian Pertanian. Dari lomba tersebut, Juara I di bidang Tilawah (Putera) diraih oleh  Suriana (Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian);  Juara II, Rahmat Hidayat, SP (Inspektorat Jenderal); dan Juara III, Hendi Maulana (Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian).

Untuk Tilawah Puteri, Juara I diraih oleh  Sugiyanti, S.IP (Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian); Juara II,  Anggit Gantina, SP (Badan Ketahanan Pangan) serta Juara III,  Sutirah Duwi Rahayu, SP (Inspektorat Jenderal).

Kategori bidang  Tartil  (Putera) Juara I diraih  Ikhwanudin, S.Pd.I (Badan Litbang Pertanian); Juara II, Muhammad Irmansyah (Badan Karantina Pertanian); Juara III, Sutresno, SP (Inspektorat Jenderal).

Sedangkan Tartil Puteri,  Juara I diraih  Irma, SPt, MSi (Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan); Juara II,  Isustriana, SE, MAB (Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian); Juara III,  Eva Ratna Sugiharti, SP (Inspektorat Jenderal).
 
Pada kegiatan tabligh akbar, Panitia menghadirkan penceramah kondang Imam Masjid Istana Kepresidenan, KH. Tajuddin Hasan. Tabligh akbar tersebut  mengambil tema Al Qur’an Sebagai Petunjuk Bagi Manusia”. Dalam tausiahnya, KH. Tajuddin Hasan menyampaikan bahwa tujuan utama Al-Qur’an diturunkan adalah sebagai kitab petunjuk yang meliputi bidang akidah, syariah dan akhlak.

Al-Quran telah memberikan motivasi dan inspirasi kepada umat Islam dalam berbagai bidang kehidupan, maka sudah selayaknya Al-Qur’an dijadikan sebagai pedoman dalam mengaktualisasikan diri secara aktif dan kreatif. Oleh karena itu, dalam pengabdian pada Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, diri pribadi masing-masing pegawai di lingkup Kementerian Pertanian agar senantiasa berusaha melakukan perbaikan diri, meningkatkan keimanan dan pengabdian kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, serta menjadikan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alayhi Wa Sallam sebagai suri tauladan dalam setiap gerak langkah menjalani kehidupan sehari-hari baik di keluarga, berkehidupan di masyarakat maupun bertatanegara, sebagai suatu amalan guna mencapai kebahagiaan lahir bathin baik di dunia maupun di akhirat.

Dan untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama muslim, Panitia memberikan santunan kepada anak yatim, piatu dan dhuafa dari dana infaq yang berasal dari para pejabat,  karyawan, dan karyawati dari 12 unit Eselon I lingkup Kementerian Pertanian. Santunan diberikan kepada 201 anak yatim/piatu terdiri dari putra-putri pegawai lingkup Kementerian Pertanian dan anak binaan dari Masjid Nurul Iman Kementerian Pertanian serta 180 orang kaum dhuafa. Penyerahan santunan diserahkan secara simbolis oleh Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pertanian, Ibu Hajah Martati Amran Sulaiman, kemudian penyerahan santunan secara keseluruhan dilaksanakan ba’da shalat dzuhur, di Masjid Nurul Iman.

Dari seluruh rangkaian kegiatan tersebut, hikmah peringatan Nuzulul Qur’an 1436 Hijriah kali ini adalah bahwa kita harus mampu menjadikan Al-Qur’an sebagai petunjuk/pedoman hidup yang Qur’ani sebagai Pegawai Negeri Sipil yang selalu berlandaskan pada Panca Prasetya KORPRI.
 


Kantor Pusat Kementerian Pertanian

Gedung A
Jl. Harsono RM No.3 Ragunan - Pasar Minggu
Jakarta 12550
Telp : +62 21 780 4117
Mobile : +62821 1089 7194
humas@pertanian.go.id