Indonesia   |   Inggris

KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

SEKRETARIAT JENDERAL

Mentan Beri Bantuan untuk Bangun Sumur Dalam


Foto Artikel

 SRAGEN — Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah salah satunya Sragen, Jawa Tengah, Senin (27/7). Dalam kunjungannya, Mentan menegaskan pentingnya penanganan kekeringan dan ancaman yang berpotensi menurunkan produksi pangan nasional. Program mendesak yang harus dilakukan adalah pembuatan sumur dangkal, sumur dalam, serta pemberian bantuan pompa air. Langkah ini untuk menyelamatkan tanaman pangan yang mengalami kekeringan cukup luas akibat musim kemarau.

 
Pembangunan sumur dalam dinilai sangat menunjang pencapaian swasembada beras khususnya pada musim kemarau. Mentan juga menjanjikan bantuan dana untuk pembangunan sumur dalam. Hal itu disampaikan Mentan dalam sambutannya saat menggelar kunjungan kerja di area persawahan di Dusun Ngunut, Desa Gebang, Kecamatan Masaran. Mentan juga menginstruksikan kepada Dinas Pertanian Jawa Tengah untuk memprioritaskan dana dekonsentrasi untuk pembangunan embung, sumur dalam, sumur dangkal, dan pompa air di daerah lain. 
 
"Itu harus menjadi prioritas sekarang untuk menyelamatkan tanaman pangan dari ancaman kekeringan. Pembangunan sumur dalam itu akan difokuskan di wilayah Jawa Tengah. Saya minta setiap desa yang memiliki potensi sumber mata air melimpah bisa dibangun sumur dalam," katanya.
 
Pada kesempatan itu, Mentan juga menjanjikan bantuan sarana produksi pertanian kepada para kelompok tani. Salah satu kelompok tani, Taruna Maju Tani, di desa setempat mendapat bantuan langsung dari Mentan. 
Setelah meresmikan operasional sumur dalam bantuan pemerintah, Mentan mengajak petani berdialog interaktif. Kunker Mentan tersebut dihadiri sekitar 200 tamu undangan. Beberapa di antaranya, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah, Kuspriyanti; Kepala Dinas Pertanian Jawa Tengah, Suryo Banendro; 29 mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM); jajaran Muspika Masaran dan lain-lain.
 

Kantor Pusat Kementerian Pertanian

Gedung A
Jl. Harsono RM No.3 Ragunan - Pasar Minggu
Jakarta 12550
Telp : +62 21 780 4117
Mobile : +62821 1089 7194
humas@pertanian.go.id