Indonesia   |   Inggris

KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

SEKRETARIAT JENDERAL

Mentan Minta Bendungan Lhok Guci Dapat Airi Sawah dalam Dua Tahun


Foto Artikel

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, meninjau Bendungan Lhok Guci kecamatan Pante Ceremeun Kabupaten Aceh Barat, Selasa (4/8). Bendungan yang dibangun pada tahun 2004 diharapkan sudah dapat mengairi lahan persawahan pada awal tahun 2017.

"Kunjungan ke bendungan Lhok Guci ini sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo," ujar Mentan.

Mentan menilai bendungan tersebut sangat strategis karena berpotensi mengairi lahan sawah seluas 20.000 hektar di Aceh Barat. Dengan potensi tersebut, Mentan meminta kepada Pemerintah Daerah setempat untuk meneruskan pembangunan jaringan irigasi sekunder dan tersier dari bendungan Lhok Guci dalam kurun waktu dua tahun.

Lebih jauh, Mentan menyampaikan dengan mengalirnya pengairan dari bendungan Lhok Guci diharapkan dapat menambahkan ketersediaan lahan sawah yang dapat berfungsi secara optimal.

"Tahun depan akan kita maksimalkan dengan menambahkan lahan sawah di Aceh" ujar Mentan.

Di sela pertemuan dengan jajaran Muspida Provinsi NAD, Mentan menyampaikan dengan berfungsinya bendungan tersebut, Aceh Barat
dapat menjadi salah satu lumbung pangan nasional.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Aceh, Zaini Abdullah juga menyampaikan produksi beras di Aceh ditargetkan 2,7 juta ton. Data dari Badan Pusat Statustik, ARAM I pada bulan Juli 2015 produksi beras di Aceh berkisar 2,1 juta ton naik 18% dari tahun 2014.

Mentan juga menjelaskan, bahwa kekeringan yang terjadi di Indonesia saat ini juga dapat diantisipasi dengan keberadaan bendungan-bendungan seperti Lhok Guci di Aceh Barat. Mentan meyakinkan kepada seluruh petani di Indonesia agar tidak usah panik dalam menghadapi kekeringan. Pemerintah telah mengambil langkah konkrit dalam mengantisipasi kekeringan sejak Desember 2014.

"Dibandingkan tahun lalu, angka lahan kekeringan tahun 2015 menurun 50% dan lahan puso tahun ini juga menurun hanya sekitar 17.000 ha," jelas Mentan.

Pada kunjungannya kali ini, Mentan juga menyempatkan untuk berdialog dengan warga Desa Seumantok Kecamatan Pante Ceuremen dan memberikan bantuan alsintan, benih serta pupuk untuk Kabupaten Aceh Barat.


Kantor Pusat Kementerian Pertanian

Gedung A
Jl. Harsono RM No.3 Ragunan - Pasar Minggu
Jakarta 12550
Telp : +62 21 780 4117
Mobile : +62821 1089 7194
humas@pertanian.go.id