Indonesia   |   Inggris

KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

SEKRETARIAT JENDERAL

Sinergi Harmonis Lintas Sektoral Hadapi Kekeringan Tahun 2015


Foto Artikel

JAKARTA - Kementerian Pertanian dari awal sudah memiliki langkah antisipatif dalam mengatasi kekeringan, bergerak secara nyata sejak Januari 2015 perbaikan irigasi dan pendistribusian pompa air gencar dilakukan diseluruh wilayah nusantara untuk menggapai swasembada pangan.

"Sejak Januari Kementan sudah siapkan pompa, sampai saat ini 21 ribu unit dan ini sudah didistribusikan ke seluruh Indonesia," ujar Mentan saat konferensi pers di Kantor Kementan, Jakarta, Senin (10/8/2015).

Selain itu, lanjut kementan juga telah memperbaiki sejumlah saluran irigasi tersier sebanyak 1,3 juta Ha. Mentan mengatakan Padi yang telah dipanen sampai Agustus sebanyak 76%, dimasa kekeringan bulan September-Oktober ada 15% dan diperkirakan panen untuk bulan November-Desember kedepan sebanyak 9 %

Dalam kesempatan yang sama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Ma’arif menambahkan, pihaknya merencanakan hujan buatan untuk daerah endemis seperti, Jabar, Jateng, Jatim, Sulsel dan Lampung yang merupakan daerah dengan skala prioritas. Hujan buatan yang akan dibentuk bekerjasama dengan TNI mengerahkan 2 pesawat Hercules, Casa 295 dan Casa 212.

Selain itu Menteri Perdagangan, Rahmat Gobel dalam konferensi pers yang sama menyebutkan akan  melakukan pengontrolan supply dan demand terhadap kebutuhan pokok untuk masyarakat setiap waktu.

Mendukung kegiatan apa yang dilakukan oleh Kementan, Kapolri, Badrodin Haiti, menyebutkan bahwa Kepolisian akan lakukan penelitian dan penindakan dari penyimpangan prosedur distribusi kebutuhan bahan pokok. Kepada penimbun yang menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga bahan pokok, Kapolri akan menindak tegas sesuai undang-undang.


Kantor Pusat Kementerian Pertanian

Gedung A
Jl. Harsono RM No.3 Ragunan - Pasar Minggu
Jakarta 12550
Telp : +62 21 780 4117
Mobile : +62821 1089 7194
humas@pertanian.go.id