Indonesia   |   Inggris

KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

SEKRETARIAT JENDERAL

Berita Foto

Refocusing Kegiatan dan Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pertanian Tahun 2015 dan 2016


Foto Artikel

Bandung. Refocusing kegiatan dan anggaran DAK Bidang Pertanian Tahun 2015 diprioritaskan ke pengembangan sumber-sumber air di kabupaten/kota sebesar Rp. 4 Triliun dari jumlah pagu DAK Reguler dan Tambahan Kabupaten/Kota sebesar Rp. 6,37 Triliun sedangkan DAK Provinsi sebesar 300 miliar tetap sesuai kegiatannya.

Dalam rangka pencapaian kegiatan diatas, Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Workshop Refocusing Kegiatan dan Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pertanian Tahun 2015 dan 2016 di Grand Pasundan Hotel Bandung 19 – 21 Agustus 2015.

Dibuka langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, rapat dan workshop ini dinilai sangat penting dalam rangka refocusing kegiatan pengembangan sumber-sumber air untuk membantu dampak kekeringan di daerah, Perencanaan DAK Sub Bidang Pertanian Tahun 2016 serta Evaluasi Pelaksanaan DAK Bidang Pertanian Tahun 2015 di Daerah.

Dalam sambutannya Sekjen menyampaikan Arah Kebijakan DAK Bidang Pertanian Tahun 2016 yaitu pembangunan/perbaikan prasarana dan sarana fisik dasar pembangunan pertanian guna mendukung peningkatan produksi dan ekspor komoditas pertanian strategis serta pengembangan bioindustri dan bioenergi pertanian yang diprioritaskan ke pengembangan sumber-sumber air di kabupaten/kota sebesar Rp. 5 Triliun dari jumlah pagu DAK Sub Bidang Pertanian 2016 kabupaten/kota sebesar Rp. 5,82 Triliun, sedangkan untuk DAK Provinsi sebesar Rp. 350,2 miliar tetap sesuai dengan kegiatannya.

Mengakhiri sambutannya, Sekjen menekan kembali bahwa penetapan alokasi anggaran DAK Sub Bidang Pertanian Tahun 2016 murni berdasarkan usulan e-proposal dan proposal dari provinsi dan kabupaten/kota yang disampaikan ke Kementerian Pertanian, kementerian Keuangan dan Bappenas untuk di validasi data teknis dan dilakukan penilaian sesuai kriteria teknis, umum dan khusus. Apabila ada oknum-oknum yang mengaku bisa membantu mendapatkan alokasi DAK 2016 yang besar jumlahnya dan meminta imbalan jasa, laporkan saja ke kami atau pihak yang berwajib, karena hal tersebut tidak benar. - GP
 
Materi Rakor dan Workshop:

site/upload/common/Materi_2(1).rar


Kantor Pusat Kementerian Pertanian

Gedung A
Jl. Harsono RM No.3 Ragunan - Pasar Minggu
Jakarta 12550
Telp : +62 21 780 4117
Mobile : +62821 1089 7194
humas@pertanian.go.id