Indonesia   |   Inggris

KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

SEKRETARIAT JENDERAL

Regenerasi Kaum Muda Bidang Pertanian melalui Keterlibatan Kementan pada JAMBORE NASIONAL X Tahun 2016


Foto Artikel

Jambore Nasional X digelar di Jakarta dengan tema "Keren, Gembira, Asyik" pada 14 sampai dengan 21 Agustus 2016. Pada hari Minggu (14/8) Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membuka kegiatan Jambore Nasional X pada di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta. Kegiatan ini melibatan 22 ribu Pramuka dari seluruh Indonesia serta perwakilan dari beberapa negara lain.

Kementerian Pertanian berpartisipasi pada Global Development Village (GDV) Zona Environment/Lingkungan yang berisi 2 Sanggar mengenai Komposting dan Ketahanan Pangan pada tanggal 15 - 16 Agustus 2016 dan 18 – 19 Agustus 2016 di Lapangan Perkemahan Putra V (Kempa V) Bumi Perkemahan Cibubur – Jakarta Timur.

Pentingnya partisipasi Kementerian Pertanian pada GDV adalah dalam upaya memupuk minat pada bidang pertanian melalui metode transfer pengetahuan serta aktivitas permainan. Keseriusan Kementerian Pertanian dalam menggelar aktivitas kepada sekitar 2500 Pramuka Penggalang peserta Jambore Nasional (Jamnas) X selama 4 hari adalah dengan bekerjasama seluruh Unit Kerja Eselon I Kementerian Pertanian bersama-sama menyediakan materi informasi, demo membuat pupuk kompos, demo menanam sayuran, olahan pangan lokal, juga beragam souvenir menarik. Pada kesempatan tersebut para Pramuka yang berkunjung dapat tumbuh minatnya untuk memajukan sektor pertanian, kemudian menjadi bibit Komunitas Petani Muda sebagai Regenerasi SDM Pertanian di kemudian hari.

GDV adalah kegiatan dalam perkemahan dalam rangka memberikan pengetahuan dan wawasan terhadap isu/masalah yang berkembang kepada para peserta Jambore Nasional (Jamnas) X Tahun 2016. Dalam Jamnas X 2016 ini, GDV merupakan salah satu paket kegiatan yang wajib diikuti oleh semua peserta. Kegiatan GDV akan diikuti secara bergiliran antara setiap Regu pada 1 kali kesempatan. Masing-masing Zona, panitia akan menyediakan sanggar-sanggar sebagai tempat kegiatan. Sampai dengan saat ini, 2 Sanggar Kementerian Pertanian telah dikunjungi oleh para Pramuka yang semangat dan antusias dari propinsi Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara, Papua, juga Papua Barat.

Salam Pramuka!

#PetaniMuda #Jamnas2016 ⁠⁠⁠⁠


Kantor Pusat Kementerian Pertanian

Gedung A
Jl. Harsono RM No.3 Ragunan - Pasar Minggu
Jakarta 12550
Telp : +62 21 780 4117
Mobile : +62821 1089 7194
humas@pertanian.go.id