Indonesia   |   Inggris

KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

SEKRETARIAT JENDERAL

Kementan Siap Hadapi Idul Adha dengan Tim Pemantau Hewan Korban


Foto Artikel

Dalam rangka menghadapi hari Raya Idul Adha 1437 H, Kementerian Pertanian telah melakukan berbagai upaya untuk menjamin kelancaran pelaksanaan pemotongan hewan ternak yang akan dikurbankan aman dan sehat, seperti yang dilakukan pada Peresmian Prototipe Rumah Potong Hewan yang sesuai aspek kesehatan lingkungan dan syariah di Al Azhar, Cakung, Jakarta Timur (8/9).

 

Upaya yang dilakukan Kementan selain membangun prototipe tersebut juga mengeluarkan surat edaran untuk meningkatkan pengawasan kualitas hewan ternak serta tata cara pelaksanaan pemotongan hewan kurban sesuai Peraturan Menteri Pertanian Nomor 114/PERMENTAN/PD.410/9/2014 dan dengan membentuk Tim Pengawas Hewan Kurban sejumlah 100 orang untuk wilayah Jakarta, Bogor dan Bekasi. Tim Pengawas tersebut bekerja sejak H-2 sampai H+3 pasca Idul Adha.

 

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Hari Priyono menjelaskan, "Tim terdiri dari perwakilan Kementan, Kementerian Agama, dokter hewan dan para sarjana peternakan. Mereka akan memantau kelayakan hewan kurban mulai dari kesehatan dan perawatan hewan." Pada kesempatan tersebut, Sekjen Kementan menyerahkan secara simbolis sarana pemotongan hewan kurban tahun 2016 serta pelepasan Tim Pemantau Hewan Kurban. 

 

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat yang turut hadir pada acara tersebut berpesan, "Kepada warga masyarakat terutama panitia kurban untuk menyediakan rumah potong hewan yang memenuhi persyaratan, yang higienis."

 

Sekjen Kementan dan Wagub berpesan untuk memastikan limbah dari proses pemotongan hewan kurban tersebut tidak mengganggu lingkungan.

 

Sementara itu, Dr.drh. Hadri Latif, M.Si mengingatkan masyarakat untuk senantiasa mengenali tanda-tanda hewan sehat serta harus memenuhi syarat untuk dikurbankan.

 


Kantor Pusat Kementerian Pertanian

Gedung A
Jl. Harsono RM No.3 Ragunan - Pasar Minggu
Jakarta 12550
Telp : +62 21 780 4117
Mobile : +62821 1089 7194
humas@pertanian.go.id