Indonesia   |   Inggris

KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

SEKRETARIAT JENDERAL

Museum Tanah dan Pertanian “Linking The Past to The Future”


Foto Artikel

 Bogor — “Museum tanah dan pertanian akan menjadi salah satu ikon destinasi wisata di kota Bogor, itu janji Pak Walikota”, begitu yang disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Syukur Iwantoro saat Rapat Koordinasi (rakor) Pengembangan Museum Pertanian di Museum Tanah dan Pertanian di Bogor, Jawa Barat (8/3). Museum ini diharapkan menjadi sarana edukatif bagi pelajar dan masyarakat umum untuk dapat mengetahui pertanian Indonesia pada masa lampau, masa sekarang, maupun masa akan datang.

Sekretaris Jenderal Syukur Iwantoro berharap dengan adanya rakor pengembangan museum pertanian yang dihadiri oleh Eselon 1 lingkup Kementerian Pertanian, Direktorat Jenderal teknis lingkup eselon 1 dan Badan Litbang Pertanian dapat  berpartisipasi secara aktif untuk mengisi dan mengembangkan museum pertanian yang akan dilaunching pada tanggal 28 Maret 2019. “Ini berasal dari ide menteri pertanian terdahulu yang berharap generasi milenial mengetahui sejarah pertanian masa lalu sehingga lebih tertarik untuk memajukan pertanian Indonesia,” jelasnya.
Dalam kegiatan rakor ini, selain membicarakan pengembangan dan persiapan launching Museum Tanah dan Pertanian, Sekretaris Jenderal Syukur Iwantoro juga mengajak peserta rakor untuk berkeliling Museum Pertanian untuk mengenalkan museum tanah dan pertanian. Dengan berkeliling Museum Pertanian, Sekjen berharap agar eselon 1 terkait, memahami kontribusi apa yang akan diberikan kelak untuk mengembangkan museum. 
Museum pertanian yang berada di belakang museum tanah ini menawarkan konsep linking past to the future, dibangun dengan beberapa galeri antara lain; galeri pangan dan peradaban pertanian di lantai 1, galeri komoditas dan kebijakan di lantai 2, galeri pertanian masa depan di lantai 3, rooftop cafe, galeri peternakan, cinema, dan playground. Tiap lantainya dibangun semenarik mungkin dengan konsep instagrammable, dimana para pengunjung bisa berfoto/ berselfie di area yang telah disiapkan.
 

Kantor Pusat Kementerian Pertanian

Gedung A
Jl. Harsono RM No.3 Ragunan - Pasar Minggu
Jakarta 12550
Telp : +62 21 780 4117
Mobile : +62821 1089 7194
humas@pertanian.go.id