Indonesia   |   Inggris

KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

SEKRETARIAT JENDERAL

Akhirnya Indonesia punya Museum Pertanian


Foto Artikel

Bogor(20/3)- Mimpi mantan Menteri Pertanian periode 1993-1998, Syarifuddin Baharsjah, akan museum pertanian yang dapat menarik masyarakat luas akhirnya terwujud dengan dibangunnya Museum Tanah dan Pertanian yang berkonsep bertolak dari masa lalu dan menatap masa depan (linking the past to the future).

Pada kegiatan persiapan soft launching Museum Pertanian, Sjarifuddin Baharsjah dan Menteri Pertanian periode 1998 Justika Baharsjah yang merupakan inisiator Museum Pertanian sangat mengapresiasi museum ini. Dalam sambutannya Sjarifudin Baharsjah mengatakan, “apresiasi yg luar biasa dalam waktu 8 bulan kita sudah mewujudkan Museum Pertanian yang tidak hanya menjadi kebanggaan Bogor juga kebanggaan nasional.” Menurutnya museum yang berhadapan langsung dengan Kebun Raya Bogor ini dapat menjawab apa keinginan yang ingin dilihat oleh masyarakat terutama anak mudanya.

“Saya yakin mimpi akan adanya suatu Museum Pertanian. Museum ini mudah-mudahan menarik para pemuda kita agar tertarik ke bidang pertanian,” tambahnya. Sjarifudin Baharsyah juga berharap agar museum ini dapat menghibur para pengunjungnya, terutama anak muda dan anak-anak kecil.

Dalam kesempatan ini, para pemimpin Kementerian Pertanian terdahulu diajak berkeliling melihat museum pertanian oleh Sekretaris Jenderal Syukur Iwantoro. Museum Pertanian yang berada di belakang museum tanah ini dibangun dengan beberapa galeri antara lain; galeri pangan dan peradaban pertanian di lantai 1, galeri komoditas dan kebijakan di lantai 2, galeri pertanian masa depan di lantai 3, rooftop cafe, galeri peternakan, cinema, dan playground. Tiap lantainya dibangun semenarik mungkin dengan konsep instagrammable, dimana para pengunjung bisa berfoto/ berselfie di area yang telah disiapkan.


Kantor Pusat Kementerian Pertanian

Gedung A
Jl. Harsono RM No.3 Ragunan - Pasar Minggu
Jakarta 12550
Telp : +62 21 780 4117
Mobile : +62821 1089 7194
humas@pertanian.go.id